Pengembangan Entrepreneurship di ITB


Sedikit buah pikiran tentang pengembangan entrepreneurship di kampus ITB. Ditulis oleh Ikhwan Alim, Menteri Koordinator Pengembangan Kemahasiswaan Kabinet KM ITB 2009-2010.

DEFINISI

Pertama-tama, kita mulai dulu dengan apa itu entrepreneurship ya.

Menurut Pak Dwi Larso, salah seorang staf pengajar SBM ITB, entrepreneurship adalah kreatif/inovatif melihat/mencipta peluang dan merealisasikannya menjadi sesuatu yang bernilai tambah (ekonomi,sosial,dll). Dan semua entrepreneurship ini memiliki istilah yang lebih khas lagi, bergantung pada bidang yang mengalami entrepreneurship tersebut.

Entrpreneurship di bidang sosial disebut sosiopreneurship, di bidang edukasi disebut edupreneurship, di internal perusahaan disebut interpreneurship, untuk bisnis teknologi disebut teknopreneurship, dan lain-lain.

Menurut Donald F. Kuratko dan Richard M. Hodgetts,  entrepreneur adalah para pengambil risiko dalam penciptaan lembaga / perusahaan baru, biasanya berkarakter optimis, pemberi nilai tambah (tapi tidak selalu diukur dengan rupiah), dan berkomitmen tinggi.

Tentang kosakata “entrepreneurship” ini, jangan melulu terpersepsikan dengan kewirausahaan atau hal-hal yang kaitannya dengan menjadi pengusaha. “menjadi pengusaha” memang termasuk entrepreneurship, tapi bukan itu intinya, sesungguhnya. “pengusaha” memang sedikit banyak memiliki karakter entrepreneurship, tetapi entrepreneurship tidak selalu pengusaha. Benar ‘kan? Kira-kira begini gambarnya.

2 thoughts on “Pengembangan Entrepreneurship di ITB

  1. Ping balik: Alhamdulillah.. Buku pertama yang saya tulis! « potret perjalanan seorang Ikhwan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s