Empat Komponen Teknologi


Teknologi, menurut rumusan kerja sama Pusat Penelitian Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PAPIPTEK – LIPI) dengan The Asian and Pasific Centre for Transfer of Technology – Economic and Social Commission for Asia and the Pasific (APCTT-ESCAP) tahun 1987-1988, mengandung empat komponen, yaitu :

 

  1. Humanware. Teknologi terkandung pada diri manusia. Bentuknya berupa pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku serta semangatnya. Manusia menciptakan teknologi untuk membantu dirinya agar bias bekerja lebih baik dan lebih produktif. Ia juga harus berdaya cipta.
  2. Technoware. Pada komponen ini, teknologi terkandung pada mesin dan peralatan produksi yang dipakai dalam kehidupan. Semuanya diharapkan dapat bekerja lebih baik dan lebih produktif. Awalnya, benda-benda tersebut dibuat berdasarkan pengalaman dan pengamatan berbagai peristiwa alam yang empiris. Lalu, seiring dengan perkembangan pengetahuannya, barulah dilakukan proses secara ilmiah.
  3. Organware. Teknologi dipersepsikan terkandung dalam kelembagaan, organisasi dan manajemen. Jika seseorang bekerja dalam sebuah kelompok, ia akan berorganisasi untuk menghasilkan proses sinergi. Dengan digerakkannya roda organisasi oleh suatu manajemen, kerja sama yang dibangun pun akan berlangsung secara lebih teratur, efektif dan efisien.
  4. Infoware. Teknologi terkandung dalam sebuah dokumentasi, seperti pada lembaran paten, rumus, gambar, disket, mikrofilm, buku, dan majalah. Dahulu, masyarakat membuat sendiri peralatan yang digunakannya, tetapi kepandaian itu berangsur-angsur hilang lantaran terhentinya proses penurunan ilmu kepada yang lebih muda. Akibatnya, proses itu harus ditemukan kembali dan dikembangkan lagi oleh generasi berikutnya. Dengan adanya dokumentasi, pengulangan penciptaan teknologi pun tidak perlu terjadi lagi.

 

Dikutip tanpa perubahan dari “GRAND TECHNO-ECONOMIC STRATEGY : Siasat Memicu Produktivitas untuk Memenangka Persaingan Global” halaman 14-15.

contoh penerapan konsep tersebut ke dalam perusahaan ada  pada link “komponen teknologi perbankan”

3 thoughts on “Empat Komponen Teknologi

  1. Itu dia wannn… si orgaware tuh kadang2 g canggih gitu lohh! jadi 3 komponen lainnya g bisa diintegrasikan dengan baik. sayang sekali memang.. hayo2 wan. ajakin temen2 yg lain buat studi banyak2 ttg orgaware. di ITB dulu dehh.. studi ttg kabinet, kongres, i3m… hahahaha

    Suka

  2. Ping balik: Komponen Teknologi Perbankan | Jurnal Perjalanan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s