Tim PALAPA HME Rebut 2 Emas di PIMNAS XXII


PALAPA Himpunan Mahasiswa Elektroteknik (HME) adalah tim dari Mahasiswa Teknik Elektro ITB angkatan 2005 yang mengalikasikan ilmu perkuliahan di masyarakat. Proyek angkatan ini dilaksanakan di desa Pamengpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat sejak 2006. Berikut berita launching pikohidro di desa Jayamukti. Pada akhir 2008 lalu, Tim PALAPA mengusulkan proyek ini sebagai peserta Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKMM).

Alhamdulillah, Tim ini berhasil mendapatkan dana penelitian dari DIKTI (direktorat pendidikan tinggi) dan selanjutnya berhak mengikuti kompetisi PIMNAS (Pekan Mahasiswa Nasional) XXII tahun 2009 di Universitas Brawijaya. Jumat (24/7/09) diumumkan bahwa tim ini berhasil menyabet dua emas pada kategori presentasi PKMM dan poster PKMM.

Pembangkit listrik skala pikohidro, bergantung pada debit (volume yang mengalir per satuan waktu) air sungai dan ketinggian tempat. Semakin besar beda ketinggian tempat dengan posisi turbin, semakin besar energi listrik yang dihasilkan. Pun demikian dengan debit aliran sungai. Semakin besar debit, semakin besar energi listrik yang dihasilkan.

Pembangkit listrik ini berskala pikohidro karena hanya dapat menghasilkan energi sebesar kurang dari 5 kWatt.Apa bila kita membuat sekitar 3 buah saja, ini sudah cukup untuk menerangi sekitar 30 rumah penduduk yang ada di sekitar sungai tersebut dengan asumsi 1 rumah mengkonsumsi daya 50 Watt untuk penerangan saja. Meski hanya dapat digunakan untuk lampu saja, sesungguhnya ini merupakan lompatan besar dalam aktivitas manusia. Karena dengan adanya penerangan, akan membantu masyarakat untuk melaksanakan aktivitasnya, termasuk membaca.

Selamat kepada Tim PALAPA, mudah-mudahan dapat terus menginspirasi seluruh mahasiswa Indonesia.

Salam Karya,

Ikhwan Alim

Menteri Koordinator Pengembangan Kemahasiswaan

Kabinet KM ITB 2009/2010

3 thoughts on “Tim PALAPA HME Rebut 2 Emas di PIMNAS XXII

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s