Sedikit Pengetahuan Saya Tentang ICT


ICT adalah kependekan dari Information and Communication Technology. Dalam bahasa indonesia kita, artinya adalah teknologi informasi dan komunikasi.

Saya memberi dua kategori teknologi untuk ICT, yaitu teknologi pendukung dan teknologi yang berbahaya. Mengapa teknologi pendukung? karena ICT mampu difungsikan pada segala jenis teknologi lainnya. Nyaris tidak ada teknologi yang berfungsi dengan lebih cepat dan lebih baik saya tidak bermaksud kampanye,lho. kebetulan besok dah nyoblos, eh nyontreng,ding untuk mengalirkan informasi dibandingkan dengan ICT. Oleh sebab itu, ICT hampir ada di semua jenis bidang perusahaan/pekerjaan/bisnis. Kini, tidak ada perusahaan farmasi yang berjalan tanpa ICT. Pun, tidak ada pula ekonomi yang berjalan cepat bahkan berlari tanpa ICT.

Dan mengapa teknologi yang berbahaya ? karena ICT menghapuskan (setidak-tidaknya mereduksi) interaksi antar manusia. Khususnya interaksi yang tatap muka. Padahal, sebagaimana yang kita ketahui (kita? ya kita. klo anda tidak ingin dilibatkan, saya saja deh..) interaksi adalah komponen penting dalam pendidikan (suatu proses yang saya sebut, memanusiakan manusia).

Dalam dunia marketing ini salah satu dunia yang menarik dan menantang bagi saya, pribadi ICT memunculkan spesies-spesies baru (minimal dua spesies) di dunia maya. Dunia maya yang dimaksud terutama dan khususnya adalah social networking. Di dunia ini, terdapat dua spesies baru yang jarang terdapat di dunia sesungguhnya (real world). Yaitu, spesies banci tampil dan spesies mau tau aja.

Spesies banci tampil adalah kelompok orang-orang yang memiliki karakter untuk selalu mengupayakan agar aktivitas/perkataannya dilihat/didengar oleh orang lain. Produk-produk spesies banci tampil ini adalah foto-foto aktivitasnya dan status-statusnya yang tampak selalu ingin dikomentarin.

Sedangkan spesies mau tau aja menemani kehadiran spesies sebelumnya. Yakni hobi spesies ini adalah mengomentari perkataan/aktivitas spesies banci tampil. Cirinya adalah rasa ingin tahu yang tinggi.

Nah, pemberdayaan marketing dari dua spesies baru ini seperti apa? Yaitu dengan memaksimalkan keberadaan keduanya dalam pembentukan komunitas setia terhadap suatu produk/jasa yang ada. Ini menjadi wilayah operasi dari penyedia jasa/produk, tentunya.

ICT sendiri dibantu dan dimanifestasikan keberadaannya dalam teknologi-teknologi hardware yang semakin hari, semakin update saja. Bila bukan semakin kecil, fitur-fiturnya semakin lengkap. Dahulu handphone hanya untuk bicara, selanjutnya muncul handphone untuk bicara dan menyampaikan pesan singkat (sms, short message service). Selanjutnya muncul lagi handphone yang bisa untuk email, social networking, chatting dan seterusnya masih banyak manifestasi teknologi hardware yang lain, ini hanya contoh saja.

ICT

One thought on “Sedikit Pengetahuan Saya Tentang ICT

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s