Rumah Belajar KM ITB : We Are Back!!


logo PM

Resurrection of Rubel ITB

Pendidikan merupakan hal yang sangat krusial dalam membangun sumber daya negeri ini. Berbagai permasalahan pendidikan semakin berbelit, bukan hanya akses dan keterbatasan sarana, namun lebih mendasar terkait pada konten, metode pendidikan bahkan makna pendidikan itu sendiri. Beranjak dari keprihatinan terhadap kondisi pendidikan yang demikian, sudah selayaknya kita mulai berpikir dan berbuat untuk mengembalikan esensi pendidikan yang mampu membangun manusia seutuhnya sebagaimana tujuan penciptaannya di muka bumi ini.
Bukan hanya sekedar tahu, namun mempraktikkan. Tak cukup sekedar menginginkan , tapi melakukan. Demikian salah satu ungkapan dari pujangga besar Jerman, Goethe. Pendidikan bukan hanya hal penting namun mendesak. Sangat sulit bila kita harus menanti revolusi sistem besar-besaran untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik dari berbagai aspeknya. Bukan berarti menyerah pada keadaan dan mengambil sikap pragmatis, namun justru pendidikan dapat dijadikan salah satu wahana penting dalam menggulirkan perubahan besar. Melalui model pendidikan yang dikembalikan pada hakikat yang sesungguhnya, energi untuk melakukan perubahan itu justru dapat lebih optimal diraih.

Hello, we’re back…
Ya, masih dilingkupi oleh semangat untuk membuat model pendidikan alternatif, memasuki bulan Juli 2009 ini, Rumah Belajar KM ITB akan memulai kembali aktivitasnya dengan sejumlah program baru. Program yang akan dilaksanakan diilhami oleh hakikat pendidikan yang dirumuskan dalam kajian rutin pendidikan (KRONIK) yang mencakup empat hal, antara lain
1. Mengembangkan seluruh potensi peserta didik
2. Membimbing peserta didik untuk menemukan misi kemanusiaannya dan menentukan perannya dalam kehidupan bermasyarakat
3. Mengembangkan kemampuan berpikir dan hasrat belajar
4. Pewarisan nilai-nilai dan pengetahuan
Dari poin-poin tersebut dibuat sejumlah parameter turunan yang diharapkan dapat tercapai dalam rangkaian proses pembelajaran. (lampiran rancangan kurikulum). Untuk periode Juli-Desember 2009 direncanakan terdapat 20 kegiatan yang diselenggarakan setiap hari Minggu di Rumah Belajar, Jalan Sangkuriang. Setiap pekan akan diisi oleh sejumlah kegiatan dari kelompok belajar tertentu. Sejauh ini telah dirancang kegiatan untuk beberapa pekan ke depan seperti merancang pythagoras switch dan demonstrasi sains (kelompok belajar sains), jalan-jalan dan menggambar suasana (kelompok belajar seni rupa), atau melakukan wawancara dan membuat koran kecil (kelompok belajar bahasa). Selain itu, dalam waktu-waktu tertentu dilakukan juga kegiatan semacam treasure hunt dan outbond. (lampiran rancangan kegiatan Rubel Juli 2009).
Pada prosesnya, setiap anak akan didampingi oleh kakak wali yang membantu mengenali, memetakan, dan mengembangkan potensinya. Kakak wali diharapkan berperan besar dalam pendampingan anak secara personal, karenanya setiap kakak wali setidaknya bertanggung jawab atas proses belajar satu atau dua adik walinya. Selain itu terdapat juga kakak pendamping kelompok belajar yang akan memandu kegiatan-kegiatan di Rubel.

rumah belajar

One thought on “Rumah Belajar KM ITB : We Are Back!!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s