pendidikan adalah memanusiakan manusia (part2)


setelah menuliskan pendidikan harus memanusiakan manusia, sekarang mari kita berdiskusi tentang bagaimana sebuah pendidikan struktural selayaknya mengakomodasi struktur masyarakatnya sendiri.

bangunan dasar pendidikan yang harus dialami oleh masyarakatnya adalah pengajaran-pengajaran yang menanamkan how to belajar (untuk lebih advance) bagi masyarakatnya. bangunan dasar pendidikan ini tentu saja membaca, menulis, berbicara, berhitung dan metode-metode kreatif memandang suatu pokok permasalahan. kaidah penting yang harus ada dalam menanamkan bangunan dasar pendidikan ini adalah pelibatan kognitif, afektif, dan psikomotorik dari peserta didik.

selanjutnya, adalah masa transisi dari bangunan dasar menuju kompetensi profesional seorang pribadi. masa transisi ini berupa pengajaran kompetensi teknis dan pendidikan konseptual yang filosofis. diibaratkan pendidikan yang ada saat ini, SMK mengakomodasi pengajaran kompetensi teknis dan SMA mengakomodasi pendidikan konseptual yang filosofis.

nah, setelah itu baru benar-benar pemberangkatan menuju kompetensi profesional tingkat individual yang sesungguhnya. yakni, pendidikan diploma dan pendidikan sarjana, magister, dan doktor. pendidikan diploma adalah pendidikan membentuk SDM berkemampuan teknis, sedangkan pendidikan sarjana, magister dan doktor adalah pendidikan membentuk SDM dengan pola pikir konseptual yang filosofis.

untuk pendidikan=memanusiakan manusia part2, sampai di sini dulu.

One thought on “pendidikan adalah memanusiakan manusia (part2)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s