Sinergisasi 3 Bidang utk Membuat Indonesia Tersenyum


Konsep supply chain-nya teknik industri mengajarkan kita untuk menjadikan output dari proses sebelumnya sebagai input untuk proses berikutnya. Dalam konteks kemahasiswaan di kampus teknik, core competence kita sesungguhnya adalah keprofesian kita di masing-masing jurusan. Nah, output dari proses berkeprofesian itulah yang kita jadikan input gerakan entrepreneur dan gerakan pengabdian masyarakat selama setahun ke depan. Maka dari itu, model sinergisasi inilah yang akan kita optimalkan.

Ide/produk/inovasi yang dapat diterapkan untuk menghadapi tantangan di masyarakat, pemberdayaan ekonomi kerakyatan untuk perbaikan kesejahteraan masyarakat, dan pengembangan inovasi untuk bisnis adalah bentuk-bentuk aplikatif dari segitiga keprofesian-ekonomi-pengabdian masyarakat.

Tindakan riil dari konsep di atas, diharapkan akan menghasilkan meme yang meluas secara wilayah (dimulai dari Jl.Ganeca Bandung) ke masyarakat kota Bandung, ke masyarakat Jawa Barat, dan masyarakat Indonesia keseluruhan. Selain itu, meme “gerakan kemahasiswaan ITB adalah role model gerakan kemahasiswaan yang tepat untuk Indonesia saat ini” diharapkan dapat menyebar ke seluruh kemahasiswaan di kampus-kampus lain di negeri kita.

Implementasi misi kedua, optimalisasi dan sinergisasi gerak lembaga kemahasiswaan. Sinergisasi dilakukan oleh departemen ekonomi bersama dengan unit Techno Entrepreneur Club untuk membentuk sense entrepreneurship dan entrepreneur itu sendiri. Selain itu, departemen keprofesian inovasi bersinergi dengan Inkubator Ide dan Inovasi Mahasiswa (I3M) dan divisi keprofesian di himpunan-himpunan untuk mengintegrasikan keprofesian-keprofesian yang ada di ITB.

Implementasi misi ketiga, Apresiasi dan aktivasi potensi serta minat untuk pengabdian masyarakat. Hal pertama yang akan dilakukan adalah membentuk struktur tersendiri di dalam kemenkoan yang bertugas untuk menginformasikan dan mempropagandakan ide, inovasi, aktivitas atau karya mahasiswa ITB. Kedua, hal yang akan dilakukan adalah menyisipkan content materi terkait pembentukan kader-kader kemahasiswaan di ranah keprofesian dan pengabdian masyarakat.

Isu-isu yang akan disebarluaskan selama setahun ke depan adalah technopreneurship, creativepreneurship, dan sociopreneurship. Intinya adalah penjiwaan kreativitas dan inovasi ke dalam bisnis teknologi, bisnis industri kreatif, dan dalam peningkatan nilai tambah masyarakat untuk menghadapi tantangan-tantangan yang ada di sekitar masyarakat itu sendiri.

2 thoughts on “Sinergisasi 3 Bidang utk Membuat Indonesia Tersenyum

  1. oke deh Pak, ditunggu sepak terjang ny slama 1 tahun k depan

    btw, ijin ng-link blog ikhwan d blog saya y, makasi…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s