Budaya Foto-Foto


ikhwan-4

Salah satu kegemaran orang Indonesia dalam 10 tahun terakhir adalah berfoto-foto. Sejak teknologi kamera digital berkembang, praktis sebagian besar orang memiliki kamera ini. Bahkan telepon seluler yang paling banyak diminati adalah ponsel yang memiliki kamera. Di berbagai kesempatan orang berebut berfoto bersama dan menitipkan kamera mereka pada orang yang memotret.

ikhwan-1

Siapakah yang pertama kali anda lihat wajahnya manakala foto selesai dicetak? Benar! Semua orang pertama-tama akan melihat muka dirinya lebih dahulu, baru kemudian melihat gambar secara menyeluruh. Demikian pulalah dengan perubahan, orang pertama-tama akan melihat dirinya lebih dulu untuk menilai seberapa baik – seberapa jelek perubahan itu. Kalau wajah atau penampilannya menjadi lebih baik atau tampak lebih baik, ia akan mengatakan perubahan itu baik. Demikian pula sebaliknya.

ikhwan-3

Prinsip orang berfoto seharusnya adalah, bersenang-senang merayakan perubahan atau pembaharuan, dan menerima keadaan dirinya yang sebenarnya. Sebab tak semua orang bisa menjadi lebih baik secara otomatis dalam suatu proses transisi. Kita bisa menjadi kurang baik, kurang enak atau kurang nyaman pada suatu saat tertentu. Semua itu bersifat sementara, sampai kita bisa beradaptasi dan menemukan cara untuk menjadi lebih baik.

ikhwan-2

Perubahan menuntut semua orang beradaptasi, bukan menghindari, mencela, menuntut, dibubarkan atau dikembalikan seperti keadaan semula, menyangkal, curiga atau mengerahkan kekuasaan untuk melawannya.

(Tulisan diadaptasi dari Melakukan Perubahan dan Manajemen Negara, oleh Rhenald Kasali, foto-foto berasal dari koleksi pribadi)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s