Cara Pakai Print Screen


Mungkin ini sesuatu yang dah basi banget buat banyak orang,ya. Tapi meski ini baru buat saya, saya mencoba ikut sharing ke teman-teman tentang cara pakai tombol printscreen yang ada di keyboard anda.

Dari segi fungsi dulu. Tombol ini akan membantu kita untuk “mengambil gambar” yang sedang ada di layar monitor kita. Apapun aktivitas program yang sedang berjalan, itu akan “terambil” sebagai sebuah gambar. Nah, gambar ini yang kemudian bisa dipakai sebagai media visual untuk menjelaskan sesuatu.

Caranya,

1. tekan tombol printscreen ketika layar monitor sudah menunjukkan gambar yang ingin anda ambil,

2. paste ( ctrl+v ) ke program paint yang sudah anda buka ( bisa juga dilakukan setelah anda menekan tombol printscreen ).

3. atur ukuran sesuai keinginan. Dari menu “image”, pilih scretch/skew.. ( bisa dipersingkat dengan penggunaan ctrl + w )

4. simpan dengan nama yang diinginkan, selanjutnya sudah bisa dipergunakan.

berikut adalah contohnya :

print-screen

18 thoughts on “Cara Pakai Print Screen

  1. Hoho…

    Aku baru ngerti…

    Aku baru tau tuh Wan, thanks for the info, tapinya aku biasa menggunakan tombol Q-Shot yang ada laptop baruku, jadi itu udah sepaket softwarenya…

    Suka

    • Alt+PrntScr = printscreen current window
      coba deh…

      aq paste ke word biasanya,

      trus pakai format -> crop di word, kalau butuh di-crop
      lebih praktis dan hemat tempat soalnya nggak perlu konversi dulu ke tipe gambar ^^

      Suka

  2. ko aku gak bisa ya?? itu pencet prt scnya skali aja kan..trus lngsung buka paint ctrl v? tp ko aku gak bisa ya..gak ke paste tu… di tombol itu, siatas tulisan prt sc laptopku ada tulisan insert, itu ngaruh gak??

    thx

    Suka

  3. @pepek&biesoul
    koq ga bisa ya? harusnya bisa tuh..
    gitu doang,koq. sesuai prosedur yg saya tuliskan di atas..

    klo di atas tulisan prt sc ada tulisan insert,,ga ngaruh siy (harusnya..) kecuali klo harus pake tombol alt ato tombol fn..

    Suka

  4. ow iya saya sudah coba..
    itu pencet prt scnya barengan sama ‘fn’..
    abis itu tinggal di ctrl-v di paint ato photoshop..hehe
    tp itu gak full shoot ya..
    hmm..bwt tambahan ni, kalo pengen screenshoot full satu halaman website nih ada linknya –> http://www.superscreenshot.com ntar masukin aja link yg mau discreenshoot disana..tengss..🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

