5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Manajer-Leader


Saya mengevaluasi setahun kepemimpinan saya di organisasi mahasiswa HMF ‘Ars Praeparandi’ yang pernah saya pimpin. Setelah saya evaluasi diri, ada 5 hal penting yang sebaiknya tidak kita lakukan di masa-masa kepemimpinan kita selanjutnya, dan semoga ini menjadi masukan bagi semua yang membaca blog ini. (yang berwarna merah adalah update terbaru).

1. Cukup kerjakan satu hal saja, jangan mengerjakan beberapa pekerjaan dalam waktu yang bersamaan.

Karena anda adalah seorang manajer-leader yang mengurusi hal-hal strategis dan juga berfungsi sebagai penanggung jawab, hampir dapat dipastikan bahwa segala hal yang menjadi urusan adalah hal-hal penting dalam organisasi.

Salah satu fokus manajer-leader adalah mengawasi dan mengendalikan keberjalanan isu-isu strategis. Kontrol kepada mereka yang sedang mengerjakan adalah hal krusial dalam hal ini. Harus diingat bahwa anda mempertanggung jawabkan sesuatu yang tidak anda kerjakan secara langsung.  

Oleh karena itu, jangan mengerjakan beberapa hal sekaligus. Tujuan lainnya adalah agar orang-orang yang kita pimpin tidak bingung dengan arah/fokus kepemimpinan kita. 

2. Selalu sediakan waktu untuk berfikir dan berkontemplasi 

Tugas penting seorang manajer-leader adalah memikirkan masa depan yang strategis bagi organisasi. Karena ini tentang masa depan dan tentang hal strategis, tentunya membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi. Dan mencapainya bukanlah sesuatu yang mudah. Oleh karena itu, selalu sediakan waktu untuk mengkontemplasikan hal-hal yang sudah pernah dikerjakan dan memikirkan masa depan organisasi yang lebih strategis.

3. Jangan fokus pada solusi yang instan, tapi carilah solusi strategis yang menyentuh langsung akar permasalahan 

Dalam memimpin organisasi, akan ada banyak hambatan dan tantangan yang harus dijawab. Dan bisa saja terjadi, suatu hambatan datang bertubi-tubi mengancam keberlangsungan organisasi.

Oleh karena itu, jangan mencari solusi instan yang hanya bersifat sementara saja, tapi carilah solusi strategis yang menyentuh langsung akar permasalahan!

4. Jangan bekerja keras, tapi bekerjalah lebih cerdas 

Sebagai manajer-leader organisasi, yang mengurusi hal-hal strategis dan membutuhkan waktu lebih untuk konsentrasi berfikir, mulailah untuk fokus pada berpikir dan merumuskan solusi-solusi yang lebih cerdas untuk organisasi. Lalu menyerahkan kepada mereka yang lebih berkompeten untuk mengeksekusi dan mengejar pencapaian target.

Tidak harus anda yang bekerja lebih keras dibanding sebelumnya.

5. Jangan pernah bekerja sendirian 

Organisasi sukses di masa kini, bukan organisasi yang berlandaskan pada kapasitas individual semata, tapi juga didasarkan pada sinergisasi kerja bersama. Oleh karena itu, komunikasikanlah segala informasi kepada semua bagian organisasi dan delegasikanlah wewenang dan tanggung jawab, bila perlu. Jangan pernah bekerja sendirian, karena efektifitas kerja akan lebih tinggi bila dikerjakan bersama-sama.

Perlu diingat bahwa organisasi akan tumbuh dan bisa meraih target-target yang lebih besar lagi, apabila manusia-manusia di dalamnya juga ikut bertumbuh. Capacity building selalu jadi isu strategis yang sebaiknya diperhatikan oleh para manajer-leader. 

Demikian 5 evaluasi dari saya untuk saya, dan semoga memberikan manfaat bagi kita semua.

One thought on “5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Manajer-Leader

  1. untuk nomor 2 lim…mudah2an external book itu membantu ya..haha..cuma itu yang baru bisa saya pikirkan untuk HMF kemarin ^^

    lalu, ada poin 6..terkadang manager-leader diharapkan untuk bersentuhan langsung dengan anggota dan staf di bawahnya. itu yang terjadi di himpunan kita

    dan poin 7. walaupun ada perbedaan antara leader dan manager…tapi selayaknya manager harus memiliki kemampuan leader, dan leader memiliki banyak kemampuan manager.
    karena faktanya selama 2 tahun di asrama dan 1 tahun ikut2an membantu ikhwan di himp, yang paling menarik dan penting bagi saya adalah:
    MANAJEMEN…dan Manajerial Skill…

    oh ya, kunjungi juga: devanalferi.wordpress.com

    hehe

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s