Bahasa Asing, enaknya belajar apa ya?


Semalem saya hadir di ashabul qur’an-nya masjid salman ITB. Pukul 20.00 ceramah dimulai, kebetulan temanya adalah tentang “pentingnya mempelajari bahasa arab”. Bahasa arab itu penting dipelajari karena dengan bahasa tersebut, kita dapat lebih memaknai al-qur’an. Jadi, bahasa arab penting untuk dipelajari.

Beberapa tahun terakhir ini, saya mengamati bahwa jepang (sebagai negara dan sebagai bangsa) adalah sebuah entitas yang menarik untuk dipelajari. Termasuk bahasanya. Harapannya, setelah mempelajari bahasanya, dapat lebih memahami peradaban yang telah mereka bangun selama ini. Jadi, bahasa jepang penting untuk dipelajari.

Bahasa inggris banyak digunakan di pustaka-pustaka tertulis yang saya gunakan selama ini. Pemahaman yang baik terhadap bahasa inggris akan membantu pekerjaan saya sebagai mahasiswa S-1, calon mahasiswa S-2 dan calon mahasiswa s-3. Jadi, bahasa inggris juga penting.

Beberapa dosen mengambil pendidikan master dan/atau doktoralnya di kampus-kampus di negara jerman atau perancis. Bahasa yang banyak dipergunakan tentu bahasa jerman atau bahasa perancis. Kalau mau belajar di dua negara maju tersebut, harus menguasai bahasa yang digunakan. Jadi, bahasa perancis dan bahasa jerman penting untuk dipelajari.

Itu menurut saya. Bagaimana pendapat anda ? Enaknya belajar bahasa asing apa?😉

4 thoughts on “Bahasa Asing, enaknya belajar apa ya?

  1. Aku kemaren, tgl 15 Des beli buku baru referensi dari fafa, judulnya Keliling Eropa 6 bulan 1000 Dolar Jalur Pertemanan, yang nulis anak TI 2001 lho… Kata kakak yang nulis itu, modal utamanya cukup dengan bahasa Inggris sajah… mending, fokus ke satu bahasa kalo mo belajar, udah expert baru ke bahasa lainnya… Trus yang paling penting dari belajar bahasa adalah terus mengaplikasikannya setiap hari. Tapi percayalah, kalo udah kepepet, dan dalam kondisi terdesak, bisa juga cas-cis-cus dikit-dikit [pengalaman pribadi…]

    Suka

  2. hahahaha, tuh kan rekomendasi bukuku bermanfaat.. (lha?)
    yup,, kalo aku sii
    1. English
    2. German
    sebenarnya ada niat juga untuk mengembangkan bahasa jawa secara ilmiah, membahasakan bahasa jawa untuk bahasa ilmiah,,, sih..
    kan suatu saat nanti orang jawa akan menguasai dunia, jadi takut aja kalo bahasa jawa jadi bahasa internasional,, (halah..)

    Suka

  3. Eh, tau gak. Kalo gak salah ada program studi S-3 bahasa Jawa di salah satu universitas di Belanda. Iya,lho. Beneran! Bahasa Jawa di Belanda, bukan di Indonesia!!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s