Memimpin dengan Integritas


Integritas berarti melakukan dahulu, baru mengatakan. Integritas juga berarti memiliki kemampuan, baru menghendaki orang lain untuk mampu. Selain itu, integritas adalah salah satu modal utama seorang pemimpin.

Integritas seorang pemimpin mendatangkan kepercayaan dari orang-orang yang dipimpinnya. Hal ini penting, karena sesungguhnya seseorang diminta untuk menjadi pemimpin karena orang tersebut adalah orang yang paling dipercaya. Dan sekali lagi, kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh seorang pemimpin, adalah salah satu modal utamanya untuk dapat memimpin.

Orang-orang yang dipimpin juga akan merasa hormat kepada sang pemimpin, manakala pemimpin tersebut memiliki kemampuan lebih. Artinya, orang-orang akan senang dipimpin oleh pemimin yang memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu. Terlebih lagi, jika pemimpin tersebut memiliki kemampuan yang banyak –saya menyebutnya keserbabisaan.

Keserbabisaan seorang pemimpin akan mendatangkan kepercayaan lebih lanjut dari orang-orang yang dipimpin. Seorang pemimpin yang serba bisa, akan dapat dengan mudah mengarahkan orang-orang yang dipimpin, karena dengan bekal kemampuan ( dan pengalaman ) tersebut, pemimpin akan dengan mudah mengkomunikasikan arah dan tujuan kepada orang-orang yang dipimpin.

Terutama di negara ( dan bangsa ) feminin seperti Indonesia, pucuk pimpinan adalah seorang yang benar-benar dianut. Benar-benar memberikan teladan terhadap orang-orang yang dipimpin. Dan karena (lagi-lagi ) memimpin adalah terkait dengan integritas, menjadi pemimpin yang dapat memberikan teladan melalui kemampuan dan tingkah laku adalah satu model kepemimpinan yang ( amat sangat ) perlu dianut di negara kita.

Semoga memberikan pencerahan, semoga bermanfaat untuk semua.

One thought on “Memimpin dengan Integritas

  1. referensi yang baik untuk setiap pemimpin. Selai integritas, pemimpin juga mampu dan bisa untuk menjadi seorang “pelayan”, inisiatif dan rendah hati

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s