4 Metode Membangun Kepercayaan Diri


superman

Gambar superman di samping tampak sangat menyiratkan kepercayaan dirinya.

PeDe ( baca:percaya diri ) ternyata bukan sesuatu yang mudah dimiliki oleh banyak orang. Hambatan terbesarnya adalah nyali untuk mengawalinya. Seringkali, PeDe dalam melakukan sesuatu yang baru juga disebabkan karena belum mengenal betul atau belum cukup beradaptasi dengannya. Nah, tentang adaptasi membangun kepercayaan diri ini, ada 4 metode yang bisa kita lakukan :

Menjadi Pelaksana Tanpa Jabatan

Membangun kepercayaan diri di depan orang banyak, salah satunya adalah dengan membantu mereka melaksanakan sesuatu tanpa harus menunggu adanya jabatan tertentu. Misalnya di masyarakat. Dari sekian puluh Kepala Keluarga dalam satu Rukun Tetangga ternyata tidak ada yang bersedia menarik iuran bulanan. Nah, kebersediaan anda menarik iuran bulanan, tentu akan membangun kepercayaan diri anda di depan Kepala Keluarga yang lain.

Milikilah Keahlian!

Keahlian tertentu yang spesifik, atau suatu keahlian yang membedakan diri kita dengan orang lain, juga akan membantu meningkatkan kepercayaan diri kita. Apalagi ketika keahlian tersebut ternyata tidak dimiliki banyak orang. Kita ambil contoh di masyarakat (lagi). Misalkan di Rukun Tetangga ternyata membutuhkan seorang warga yang memiliki keahlian akuntansi, yakni pencatatan keuangan yang sangat dibutuhkan di kepengurusan RT tersebut. Padahal, tidak banyak warga di RT tersebut yang memilikinya. Nah, dengan sendirinya, keahlian akuntansi yang anda miliki akan meningkatkan kepercayaan diri anda di depan warga RT, terutama yang menyangkut pencatatan keuangan.

Bermental dan Bercitra Positif

Bangunlah kepercayaan diri anda dengan pikiran-pikiran positif. Ketika anda berpikir positif, tentu anda akan mereduksi rasa takut anda akan kegagalan. Ketika anda berpikir positif, tentu anda akan dapat fokus pada pencapaian tujuan anda. Dan ketika anda berpikir positif, anda akan merasa yakin, bahwa anda bisa!

Tentu saja, pikiran positif seperti di atas juga akan membantu anda meningkatkan rasa percaya diri anda.

Percaya Diri

Membangun hal-hal besar biasanya memang dimulai dari hal-hal kecil. Termasuk ketika kita bicara tentang kepercayaan diri. Kepercayaan diri yang besar, datang dari kepercayaan diri yang kecil-kecil. Bersikaplah percaya diri semenjak sekarang, mulai dari hal-hal kecil, dan pertahankan konsistensimu!

SEMOGA BERMANFAAT!!!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s