Organisasi sebagai Sistem Terintegrasi


Organisasi adalah sistem terintegrasi yang mencakup penerima manfaat, sumber daya manusia yang digunakan, keuangan dan waktu. Konsep ini berlaku untuk semua organisasi, baik nirlaba maupun profit.

Sesungguhnya, organisasi didirikan dengan azas penerima manfaat. Penerima manfaat ini bisa berasal dari kalangan anggota organisasi itu sendiri ataupun dari kalangan luar organisasi. Contoh organisasi dengan penerima manfaat adalah anggota : himpunan mahasiswa. Sedangkan perusahaan adalah contoh organisasi dengan penerima manfaat dari kalangan luar organisasi. Dalam hal ini, penerima manfaatnya adalah konsumen pengguna barang/jasa yang dihasilkan perusahaan tersebut.

Sumber daya manusia adalah sumber kemaslahatan sekaligus sumber masalah. Berbicara tentang organisasi yang efektif dan efisien, SDM berpengetahuan adalah salah satu kunci efektifitasnya. Dan begitu pula dengan SDM yang tidak kontributif, akan menurunkan nilai efisiensinya.

Keuangan dapat berupa dana untuk pelaksanaan kegiatan ataupun untuk pembelian bahan baku. Secara kuantitas, tentunya teman-teman dapat membandingkan efek dari dana yang berlebih dan dana yang berkecukupan.

Mengingat sumber daya waktu adalah sumber daya yang tidak tergantikan, produktifitas adalah kunci penting yang harus didapatkan. Jangan sampai waktu berlalu secara sia-sia tanpa produk yang berarti. Prinsip ini dapat diterapkan dalam organisasi pencari laba maupun nirlaba. Berbicara peradaban juga berarti membicarakan tentang tingkat produktifitas. Di beberapa negara maju, salah satunya jepang, nilai produktifitas sudah dapat diukur dengan nilai mata uang. berapa yen akan hilang bila satu jam waktu tidak digunakan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s