Manajemen Pengetahuan


Manajemen Pengetahuan adalah disiplin baru dalam ilmu manajemen. Dengan manajemen pengetahuan, kita dapat mendokumentasikan dan mengaplikasikan pengetahuan pada tempatnya. Terutama untuk mempertahankan kemajuan yang sudah dicapai. Disiplin ini juga akan sangat bermanfaat dalam lingkungan organisasi maupun perusahaan.

Pengetahuan berada dalam bentuk tacit knowledge dan explicit knowledge. Tacit knowledge adalah pengetahuan yang masih berada di dalam alam pikiran manusia. Sedangkan explicit knowledge adalah pengetahuan-pengetahuan yang bisa diakses dan diaplikasikan. Explicit knowledge dapat berbentuk tulisan, gambar, model, grafik dan lain sebagainya. Manajemen pengetahuan akan mendokumentasikan tacit knowledge menjadi explicit knowledge dan mengaplikasikan pengetahuan pada tempatnya.

Saya mengaplikasikan manajemen pengetahuan di dalam organisasi yang saya pimpin, HMF ITB. Aplikasi manajemen pengetahuan dimulai dari penetapan posisi kaderisasi awal dalam kaderisasi organisasi. Kami mencoba berdialog antar generasi kepanitiaan kaderisasi awal tahun 2004, 2005, dan 2006. Kami mencoba melakukan tacit knowledge sharing tentang kaderisasi awal. Dari sini, kami mengambil suatu kesimpulan tentang kaderisasi awal, terutama tentang tujuan kaderisasi awal yang akan dilakukan. Hingga mengeksplisitkan dalam bentuk arahan kerja. Kedua, buku kerja BP dengan judul “Sistem BP 2007/2008”. Buku kerja ini mengeksplisitkan model organisasi Badan Pengurus yang saya bangun. Selain itu, ada content Materi Kaderisasi Tahap Khusus II. Semua explicit knowledge ini akan dikompilasi dalam Laporan Pertanggungjawaban Ketua Umum 2007/2008.

Struktur BP saya juga simple, sederhana alias tidak rumit. Struktur yang simple ini akan memudahkan pembentukan tacit knowledge, bagi yang melihatnya. Struktur yang simple akan memperjelas pemisahan internal-eksternal, pengelompokkan divisi-divisi sejenis dalam satu bidang, mempermudah koordinasi antar bagian yang setara ( bidang dengan bidang, divisi dengan divisi ), dan lain-lain.

Manajemen pengetahuan juga bagian dari alih teknologi, menurut saya. Karena sebelum kita mencoba mengaplikasikan / menginstalkan teknologi baru, seharusnya terdapat dokumentasi ( explicit knowledge) pengetahuan yang bersangkutan. Pengetahuan yang berbentuk explicit knowledge, adalah bagian alih teknologi, menurut saya.

Termasuk di antaranya ketika kita menuliskan isi kepala kita dalam sebuah blog. Blog adalah wujud explicit knowledge yang dapat diakses oleh semua orang. Nah, tentang transfer pengetahuan yang dilakukan oleh blog dengan pembaca blog, menurut saya itu adalah sebuah alih teknologi. Untuk blog yang sedang saudara baca ini, sebenarnya kita sedang mengubah tacit knowledge saya menjadi tacit knowledge anda.

3 thoughts on “Manajemen Pengetahuan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s