cihanjuang inti teknik


CV yang satu ini, berdiri tahun 1998 yang lalu. Ruang lingkup bisnisnya turbin dan makanan&minuman. Turbinnya membantu pengadaan listrik di beberapa desa terpencil. Tidak hanya di Jawa Barat, tapi juga di Indonesia pada umumnya. Bahkan, sampai ke negara swiss, mereka juga melaksanakan instalasi turbin generator air di sana.

Bisnis makanan&minuman yang digeluti dekat dengan obat-obatan herbal. Terutama yag mengandung rempah-rempah, seperti jahe ; cabe jawa, gula aren, dan seterusnya. Pasarnya sudah sampai ke negeri seberang (malaysia), bahkan hingga ke abu dhabi.

Ada cerita unik mengenai bagaimana divisi makanan dan minuman ini bisa lahir. Suatu waktu, kala berjualan dan berhasil menginstalkan generator, desa yang bersangkutan ternyata tidak sanggup membayar. membayar dengan uang, maksudnya. tapi mereka bersedia membayar dengan rempah-rempah hasil tani penduduk setempat. Jadilah, rempah-rempah tersebut yang kemudian dibawa pulang. Bingung bagaimana bahan alam ini dikonsumsi, karena sedemikian banyak jumlahnya, akhirnya perusahaan ini memutuskan untuk membuatnya menjadi serbuk dan menjualnya sebagai minuman seduh 🙂

Value yang dibangun di perusahaan ini antara lain mencakup kekeluargaan. Ini terlihat dari pegawai-pegawai yang merupakan warga sekitar pabrik. Karena memang secara kekeluargaan berupaya merangkul warga sekitar pabrik terlebih dahulu. Pemberdayaan warga sekitar ini berupa pelibatan warga dalam produksi kemasan. Kemasan kertas yang telah dicetak, kemudian dilipat menjadi kemasan 3 dimensi oleh warga sekitar.

Demikian, semoga bisa lebih dilengkapi lagi di lain waktu. HMF on Trip, 10 Juli 08

3 thoughts on “cihanjuang inti teknik

  1. bos, ni artikelnya nggak informatif banget. jadi bikin penasaran gini…
    tapi gpp deh, dengan adanya penasaran, ntar-ntar kan jadi mampir ke blognya lagi [trik marketing yang cukup bagus..lho, koq jadi marketing…]

    Suka

  2. hmmm…iya kurang informatif…
    but…it’s the beginning…berusaha dan terus berusaha, itulah yang terpenting…
    btw, kalo bisa lebih sistematis tulisannya kayaknya lebih bagus deh…kapan2 ngobrol di darat lah!!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s